skip to Main Content
Cara Membuat Postingan Di WordPress Dengan Editor Gutenberg

Cara Membuat Postingan di WordPress Dengan Editor Gutenberg

Akhir 2018, tepatnya 6 Desember, WordPress telah mengganti editor TinyMCE menjadi editor Gutenberg yang lebih interaktif. WordPress sendiri menyebutkan bahwa perubahan ini dapat memberikan pengalaman dan fleksibilitas yang lebih memudahkan bekerja dalam membuat postingan. Editor wordpress yang lahir di versi engine ke 5.0 ini mengalami banyak perubahan signifikan. Hal yang paling menonjol adalah perubahan pada laman editing utama yang kini tampak dengan blok-blok per paragraf. Berbeda dengan editor terdahulu yang memiliki interface laman putih kosong.

Untuk membuat postingan di wordpress dengan editor Gutenberg, berikut langkah yang dapat dilakukan:

  • Masuk ke Dashboard Anda, pilih Posts ยป Add New atau pilih icon ( + New) pada pojok atas lalu pilih Post.
  • Tampilan editor Gutenberg akan tampak seperti ini
Tampilan editor Gutenberg WordPress.
  • Bagian utama dalam membuat postingan
Bagian penting dalam membuat postingan dengan menggunakan editor Gutenberg

Kolom add title (1) untuk menempatkan judul postingan yang ingin kita buat. Kolom utama tulisan dalam bentuk blok-blok per paragraf (2) untuk menuliskan isi konten yang ingin kita buat. Blok-blok dalam editor Gutenberg memungkinkan kita meng-customize postingan kita dengan fitur-fitur yang lebih menarik dan interaktif.

Menambahkan blok dalam postingan dengan editor Gutenberg

Fitur-fitur di blok editor Gutenberg. Blok editor Gutenberg memiliki fitur-fitur standard diantaranya ‘Paragraph’ untuk mode menulis biasa, ‘ List’ untuk membuat list tulisan dalam postingan, ‘Image’ untuk menambahkan image dalam postingan, ‘Heading’ untuk membuat heading tulisan dengan urutan H2, H3, H4, “Gallery” untuk menambahkan beberapa image ke dalam postingan, “Quote” untuk menambahkan quote, “Audio” untuk menambahkan audio, “File” untuk menambahkan file, “Video” untuk menambahkan video.

Selain fitur standar, blok gutenber juga memiliki fitur formating, fitur layout elements, fitur widgets, dan fitur embed.

Fitur blok dalam editor Gutenberg.

Setelah menulis atau menambahkan bagian-bagian dalam postingan dengan fitur-fitur dari blok editor Gutenberg, pilih atau buat baru kategori postingan dalam “Categories” (3), lalu tambahkan Featured Image (4) agar thumbnail postingan bisa muncul atau mempercantik postingan.
Setidaknya dengan menambahkan 4 hal di atas, postingan kita sudah bisa untuk dipublikasi dengan mengklik tombol “Publish” di pojok kanan atas.